6 Tips Ini Sebagai Langkah Awal Buat Kamu yang Sedang Belajar Menulis

6 Tips Ini Sebagai Langkah Awal Buat Kamu yang Sedang Belajar Menulis

Untuk beberapa orang, mencatat merupakan pekerjaan yang menjemukan tanpa hasil. Padahal andai kamu telah terjun dan mulai menguasainya, menulis dapat menjadi kegiatan berfungsi untuk menuangkan isi kepala dan empiris kamu. Tidak hanya dapat membagi informasi yang anda dapat melewati tulisan, ketika ini dengan menulis anda juga dapat mendapatkan pundi-pundi rupiah. Sebagai contoh, kamu dapat menjadi pengarang lepas untuk suatu website atau blog, atau anda juga dapat mendirikan blogmu sendiri.

Menulis dapat menjadi salah satu teknik mendapatkan duit tanpa butuh kemana-mana, kamu dapat mengerjakannya dimana saja asalkan terdapat medianya. Menurut Agen Bola Indonesia Terpercaya Online Di samping dapat menyerahkan informasi dan pengetahuan, dengan mencatat kamu pun akan menemukan pengetahuan. Sebab pada lazimnya penulis pun membaca artikel orang beda yang dijadikan sebagai acuan atau data untuk artikel yang sedang dikerjakan. Nah bila kamu mulai tertarik dengan dunia tulis menulis, jajaki deh lihat sejumlah tips di bawah ini.

6 Tips Ini Sebagai Langkah Awal Buat Kamu yang Sedang Belajar Menulis

6 Tips Ini Sebagai Langkah Awal Buat Kamu yang Sedang Belajar Menulis

1. Tentukan topik cocok dengan minat kamu

Kunci kesatu yang sangat urgen untuk mengawali menjadi seorang penulis ialah memilih topik atau ulasan yang anda kuasai. Misalnya anda suka kucing, kamu dapat menulis seputar kucing, teknik merawat kucing, teknik membersihkan kucing dan sebagainya. Atau andai kamu suka jalan-jalan, kamu dapat menulis mengenai tempat-tempat wisata yang anda kunjungi, berapa harga penginapannya dan lain-lain. Dengan mencatat sesuai minat, anda akan lebih gampang mengembangkan ucapan-ucapan dan ulasan tulisanmu sendiri. Selain tersebut kamu pun akan energik dalam menuntaskan tulisanmu.

2. Buat kerangka tulisan

Jika anda sudah menilai topik tulisan cocok minat kamu, tahapan selanjutnya ialah membuat kerangka tulisan. Kerangka ini ialah rencana rangkaian sub topik tulisanmu yang tujuannya memudahkan pembaca dalam mengejar informasi yang anda tulis.

Misalnya anda menulis tentang lokasi wisata yang sangat sering dikunjungi di Jogja. Di paragraf kesatu kamu dapat menuangkan sedikit ulasan tentang Jogja dan daya tariknya. Lalu di paragraf selanjutnya kamu dapat mulai dengan nama lokasi wisata yang tidak jarang dikunjungi, selanjutnya kamu dapat menambahkan detil harga tiket, kemudahan dan lain-lain guna memperjelas informasi yang anda tulis.

Di samping mempermudah pembaca, menciptakan kerangka tulisan laksana ini bakal membuatmu dapat memberikan informasi yang lebih menyeluruh dan detil pada pembaca. Dengan begini akan tidak sedikit pembaca yang menyenangi tulisanmu sebab merasa terbantu dengan informasi detil yang anda berikan.

3. Cara data pendukung

Menulis tidak hanya harus memakai pendapat sendiri, kamu pun perlu data yang bisa dipercaya. Terdapat dua jenis data yang dapat kamu gunakan, yang kesatu ialah data primer di mana kamu dapat mendapatkannya dari responden dengan mewawancarainya. Sedangkan yang kedua ialah data sekunder yang dapat kamu dapatkan dengan mencarinya di majalah, surat kabar atau yang paling gampang secara online melewati jurnal, media online atau literatur.

Data penyokong juga dapat berupa foto, video atau infografik, andai kamu mendapatkannya melewati sumber lain tidak boleh lupa untuk menyematkan pemilik atau pembuatnya supaya kamu tidak dicap sebagai plagiat karya orang lain.

4. Ayo menulis

Jika topik, kerangka serta data penyokong yang dibutuhkan sudah siap semua, kini waktunya menulis. Kamu tidak butuh terburu-buru hendak menyelesaikan tulisan, santai saja asalkan seluruh informasi urgen dapat disalurkan dengan baik. Jika tiba-tiba blank, kamu dapat melakukan pekerjaan ringan lain guna beristirahat menulis. Karena ketika ini pertumbuhan teknologi paling cepat, kamu dapat menulis dengan media laptop atau komputer supaya lebih mudah.

5. Jangan terdapat kesalahan

Tulisanmu telah selesai? Jika sudah tidak boleh senang dulu, karena anda harus mengecek ulang terhadap kekeliruan yang barangkali terjadi. Kamu mesti menyimak kembali tulisanmu dari mula sampai akhir dengan seksama untuk memahami adanya kesalahan, baik kekeliruan bacaan, ejaan, kata sambung, atau tanda baca.

Biasanya kekeliruan yang tidak jarang terjadi ialah salah tulis “typo”, salah dalam penulisan kata, salah dalam menciptakan kata sambung atau pisah, atau penempatan tanda baca yang tidak cukup tepat. Lalu pastikan masing-masing kalimat dalam tulisanmu mengalir, tidak boleh loncat-loncat ke ulasan lain. Dengan begini tulisanmu jadi lebih sistematis dan gampang dipahami.

6. Sebarkan tulisanmu

Salah satu urusan yang paling mengasyikkan dalam menulis ialah saat menyalurkan tulisan. Karena ketika ini terdapat potensi tulisanmu dibaca orang beda dan si pembaca bakal senang sebab mendapatkan informasi yang mereka cari.

Untuk menyebarkan tulisan, teknik paling mudah ialah melalui media sosial. Media sosial adalahsalah satu bentu micro blogging yang sangat gampang digunakan. Atau kamu juga dapat mengirimkan artikel Anda ke media cetak atau media online. Sedangkan teknik lainnya ialah dengan menciptakan blogmu sendiri yang bakal menampung seluruh tulisanmu.